Pemkab Muara Enim terus lakukan monitoring harga kepokmas

id Sumsel,kebutuhan pokok

Pemkab Muara Enim terus lakukan monitoring harga kepokmas

Sehari menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 hijriah Pemkab Muara Enim Sumatera Selatan melakukan inspeksi harga dan ketercukupan pasokan kebutuhan bahan pokok. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Sehari menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 hijriah Pemkab Muara Enim Sumatera Selatan melakukan inspeksi harga dan ketercukupan pasokan kebutuhan bahan pokok.

Asisten III Bidang Administrasi Umum H Tarmizi Ismail melakukan pengecekan harga kepokmas di Pasar Inpres Muara Enim, Senin pagi (11/03/2024).

Plt Asisten III yang dalam kesempatan ini didampingi Kepala Dinas TPHP Ulil Amri, Kepala Dinas Ketapang Syamsiah, perwakilan Polres & Kodim serta sejumlah jajaran yang tergabung dalam TPID Kabupaten Muara Enim mengatakan kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam menjaga kestabilan harga dan utama mengendalikan Inflasi menjelang Ramadhan 1445 H.

Usai berkeliling dan berdialog dengan sejumlah pedagang setempat, ia menemui banyak diantara bahan pokok mengalami peningkatan harga menjelang Ramadhan 1445 H. Selain mendekati puasa, peningkatan harga ini juga dikarenakan faktor cuaca yang saat ini masih belum stabil sehingga menyebabkan produksi pertanian menurun.

Menyikapi hal tersebut, Plt Asisten menegaskan Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan terus berupaya menjaga kestabilan harga, tak hanya selama Bulan Ramadhan akan tetapi juga hingga akhir tahun Desember mendatang dengan menggelar Operasi Pasar Murah yang akan diselenggarakan secara bergilir di 22 Kecamatan lingkup Kabupaten Muara Enim.

Dalam upaya menjaga kestabilan harga Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga menggelar Pasar Cabai Murah dengan menyediakan 100 kg cabai yang telah disubsidi sebesar Rp20.000,- dari APBD Kabupaten Muara Enim. Sehingga masyarakat dapat membeli Cabai dengan harga Rp60.000-, per kg.