Pj Gubernur Sumsel serahkan bantuan untuk warga terdampak banjir Muratara

id Sumsel, banjir sumsel, musi rawas, terdampak, bencana, hujan

Pj Gubernur Sumsel serahkan bantuan untuk warga terdampak banjir Muratara

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan H Agus Fatoni menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (19/1/2024). Pada kesempatan pemantauannya di Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara itu, Pj Gubernur Sumsel juga melakukan peninjauan ke sejumlah titik infrastruktur yang rusak akibat banjir dan meninjau gudang logistik BPBD di daerah itu. (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sumsel)

Muratara, Sumsel (ANTARA) - Kedatangan Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Kecamatan Rawas Ulu ini disambut antusias dan gembira oleh masyarakat setempat.

Fatoni mengatakan kedatangan dirinya ke Muratara selain meninjau posko induk penanggulangan banjir Muratara juga memastikan bantuan kepada masyarakat terpenuhi. Bantuan tidak hanya berupa makanan pokok, pakaian, obat-obatan, fasilitas pelayanan kesehatan tapi juga menyediakan fasilitas trauma healing untuk masuarakat.

"Di kesempatan ini tidak lupa mengingatkan masyarakat menjaga lingkungan disaat musim penghujan dan terus melakukan upaya antisipasi banjir. Dan tetap waspada dapam menghadapi kemungkinan banjir susulan. Namu yakinlah Pemerintah baik Provinsi maupun Kabupate/Kota siap siaga dan bergoting royong dalam penanggulangan bencana banjir"

"Dalam menghadapi musim hujan di Sumsel saya mengajak masyarakat semua melakukan atisipasi banjir dengan menjaga lingkungan sekitar dengan membersihkan aliran gorong-gorong yang tersumbat, mengelolah sampah dengan baik dan menanam pohon," tandasnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Muratara Devi Suhartono mengungkapkan terimakasih kepada Pemprov Sumsel yang terus membantu masyarakat Muratara dalam mengatasi persoalan banjir.

"Tidak henti-hentinya saya mengucapkan terimakasih kepad Pak Gubernur yang telah merespon cepat dan terus menggulirkan bantuan kepada kami, Alhamdulillah beliau saat di hubungi melalui telfon selalu direspon baik," ungkapnya.

Bupati mengatakan terdapat enam Kecamatan di Muratara yang terdampak banjir, diantaranya Kecamatan Ulu Rawas, Rawas Ulu, Karang Jaya, Karang Dapo, Rawas Ilir dan  Rupit.

"Banjir tinggi di Muratara berlangsung 5 hari dan Alamdulillah semakin hari semakin berangsur surut ini terjadi di 57 desa yang terdampak dan ada 6 jembatan yang putus tentu ini menganggu aktivitas masyarakat setempat," pungkasnya.

Turut hadir pula dalam peninjaun tersebut, Wakil Bupati Muratara, Innayatullah, dan segenap jajaran Forum Koonasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muratara.