Pj Bupati Muba diminta maksimalkan penanganan karhutla, kemiskinan hingga jaga inflasi

id sumsel,karhutla sumsel,penanganan karhutla,pemprov sumsel,pemkab muba,Pj Bupati Muba diminta maksimalkan penanganan karh

Pj Bupati Muba diminta maksimalkan penanganan karhutla, kemiskinan hingga jaga inflasi

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni saat menerima audiensi Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi Mahmud di Palembang, Jumat (13/10/2023). (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni meminta Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi Mahmud agar memaksimalkan penanganan karhutla dan penurunan angka kemiskinan di kabupaten itu.

Fatoni saat menerima audiensi Pj Bupati Muba di Palembang, Jumat, mengatakan, saat ini penanganan karhutla di Kabupaten Muba harus terus dimasifkan dengan melibatkan semua pihak terkait.

Kemudian, meski angka kemiskinan dan stunting di Muba turun namun penanganan dan perhatian terhadap persoalan kemiskinan dan stunting di Muba tetap menjadi prioritas.

"Lalu juga penanganan inflasi daerah serta progres proyek strategis nasional jalan tol yang melintasi Kabupaten Muba," ujarnya.

Ia mengatakan Pemkab Muba juga bersinergi dengan Pemprov Sumsel untuk terus memonitor progres peralihan listrik dari PT MEP ke PLN yang saat ini terus dikebut realisasinya.

"Semoga nantinya realisasinya berjalan lancar, dan persoalan listrik yang selama ini dihadapi oleh sebagian warga Muba dapat teratasi," kata Fatoni.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud mengatakan saat ini angka stunting di Muba mampu turun hingga lima persen dari 23 persen ke 17,07 persen. Pada tahun 2023 juga telah meluncurkan program BANTU UMAK yang menyasar langsung masyarakat kategori miskin ekstrem.

"Saat ini terdata ada sebanyak 9 ribu KK warga masuk kategori miskin ekstrem dan saat ini sudah disiasati dengan program BANTU UMAK, selain itu mereka juga kita berikan asuransi ketenagakerjaan kategori pekerja sektor informal yang pada Desember 2023 ini akan mulai diterapkan," ujarnya.

Terkait persoalan karhutla, Pemkab Muba bersama Forkopimda dan pihak lainnya yang terlibat terus pro aktif melakukan lokalisir pemadaman karhutla serta patroli potensi titik api dan titik panas.

"Saya juga telah menginstruksikan agar perangkat Kecamatan hingga Desa mulai kemarin melaksanakan Shalat Istisqa agar berharap minta diturunkan hujan untuk memadamkan karhutbunlah di wilayah Muba," ucap Apriyadi.