Polres OKU berikan bantuan 35 kambing untuk ketahanan pangan

id Program ketahanan pangan, bantuan kambing, budi daya hewan ternak, kelompok tani, Polres OKU

Polres OKU berikan bantuan 35 kambing untuk ketahanan pangan

Polres OKU monitoring program ketahanan pangan di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan memberikan 35 kambing ke masyarakat sebagai program ketahanan pangan dengan mendukung peningkatan produksi pertanian dan peternakan unggulan di daerah itu.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Selasa mengatakan, Polri tidak hanya mengawal ketahanan pangan tapi bagaimana meningkatkan hasil pertanian dan peternakan di wilayah setempat.

Sebagai bentuk dukungan ketahanan pangan di bidang peternakan pihaknya menyerahkan bantuan sebanyak 35  kambing untuk dibudidayakan oleh masyarakat di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Puluhan ekor kambing tersebut diserahkan ke masyarakat yang dibagi menjadi lima kelompok dimana masing-masing kelompok mendapat satu ekor kambing jantan dan enam betina.

"Hewan ternak kambing ini diberikan untuk dikembangbiakkan oleh lima kelompok tani di Desa Bandar jaya," katanya.

Hal itu dilakukan untuk membantu warga binaan dalam budi daya beternak kambing, sehingga hasil dari ternak tersebut mampu menjaga kestabilan pangan di wilayah itu.

Menurut dia, sebagai ujung tombak kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terutama warga binaannya, pihaknya memantau program ketahanan pangan secara rutin di Desa Bandar Jaya guna memastikan berjalan maksimal.

Melalui Bhabinkamtibmas pihaknya melakukan pendampingan serta pengecekan perkembangan hewan ternak di kandang kambing yang dipelihara warga guna memastikan berjalan maksimal.

"Melalui pendampingan ini diharapkan agar kambing yang dipelihara kelompok tani dapat berkembang biak dengan sempurna sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.