300 ibu rumah tangga di Banyuasin mendapat penyuluhan gizi

id pencegahan stunting banyuasin,penyuluhan gizi,penanganan stunting

300 ibu rumah tangga di Banyuasin  mendapat penyuluhan gizi

Guru Besar Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof Ali Khomsan memberikan penyuluhan mengenai pemenuhan kebutuhan gizi untuk mencegah stunting di Pangkalan Balai, Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (4/7/2023). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 300 ibu rumah tangga di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, mendapatkan penyuluhan mengenai pemenuhan kebutuhan gizi untuk mencegah stunting pada anak.

Dalam penyuluhan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah bersama perusahaan Nestle di Pangkalan Balai, Rabu, Guru Besar Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof. Ali Khomsan menyampaikan bahwa penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi dalam jangka panjang.

Gangguan pertumbuhan anak yang dicirikan dengan tubuh yang lebih pendek dari rata-rata anak seusia tersebut, menurut dia, dapat dicegah dengan memastikan pemenuhan kebutuhan gizi anak dalam rentang usia nol sampai 60 bulan.

Dia menyampaikan, selama anak dalam rentang usia tersebut para ibu direkomendasikan memberikan makanan yang mengandung banyak protein hewani, vitamin, zat besi, dan zink yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.