OKU Selatan luncurkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting

id Program Dahsyat, angka stunting, Pemkab OKU Selatan

OKU Selatan luncurkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting

Jajaran Pemkab OKU Selatan foto bersama usai rapat implementasi percepatan penurunan stunting terintegrasi. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan meluncurkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dalam upaya percepatan penurunan angka kasus penyakit kekerdilan di wilayah itu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) OKU Selatan Umu Manazilawati di Muaradua, Rabu, mengatakan bahwa program ini diluncurkan dalam upaya menurunkan angka stunting mencapai 14 persen pada tahun ini.

Dia menjelaskan Dahsat merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu.

"Dapur Sehat Atasi Stunting menjadi pusat gizi serta pelayanan pada anak stunting," katanya.

Bersama para ahli gizi telah menyusun menu sehat dengan konsep produk lokal, karena sekaligus memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat sendiri.

Kegiatan Dahsyat sendiri mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

Dalam hal ini masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa dan bergizi baik dan dipadukan dengan berbagai kegiatan kemitraan.

"Melalui upaya-upaya ini ditargetkan angka stunting di Kabupaten OKU Selatan pada 2024 turun menjadi 14 persen sesuai target nasional," ujarnya.