Karantina tahan hewan ternak diduga akan diselundupkan

id Lampung,Bandarlampung,Karantina Lampung,Penyelundupan Hewan Ternak,berita sumsel, berita palembang

Karantina tahan hewan ternak diduga akan diselundupkan

Hewan ternak yang ditahan oleh Balai Karantina Pertanian Lampung karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Bandarlampung, Senin, (15/5/2023). (ANTARA/HO-Karantina Pertanian)

Bandarlampung (ANTARA) - Balai Karantina Pertanian Lampung melakukan penahan terhadap hewan ternak sapi yang diduga akan diselundupkan dengan cara diangkut menggunakan truk dengan ditutup rapat menggunakan terpal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Petugas kami berhasil menahan 10 ekor sapi potong asal Lampung Selatan yang diduga akan diselundupkan ke Pulau Jawa," kata Subkoordinator Karantina Hewan, Karantina Pertanian Lampung, Akhir Santoso, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa penahan terhadap hewan ternak potong sapi, dikarenakan para oknum tersebut tidak sesuai dengan persyaratan kesehatan yang telah dianjurkan sehingga beresiko tinggi menyebarkan penyakit.

"Sapi-sapi yang akan diseberangkan ke Pulau Jawa tersebut tidak sesuai aturan persyaratan yang berlaku. Tentu ini sangat beresiko di tengah merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD)," kata.dia.

Ia mengungkapkan bahwa karantina pertanian terus berupaya melakukan pencegahan penyelundupan hewan rentan penyakit dan tidak sesuai dengan aturan kesehatan dengan melakukan pengawasan rutin di Pelabuhan Bakauheni.