Pemkab OKU siap tambah armada bus untuk keberangkatan JCH

id Armada bus, angkutan jamaah, JCH OKU, Tanah Suci Mekah, Pemkab OKU,Pemkab OKU tambah armada bus,tambah armada bus untuk

Pemkab OKU siap tambah armada bus untuk keberangkatan JCH

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah memberi sambutan untuk para JCH asal daerah itu, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menambah jumlah armada bus untuk mengantar keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) ke Asrama Haji Palembang.

"Untuk kenyamanan para JCH, kami menambah jumlah bus guna mengangkut jamaah ke Asrama Haji Palembang," kata Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Sumsel, Rabu.

Dia mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menyiapkan sebanyak lima unit bus untuk mengantar keberangkatan 232 JCH asal daerah itu menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Namun, untuk kenyamanan JCH OKU selama perjalanan menuju Asrama Haji Palembang maka pihaknya akan menambah armada bus menjadi sembilan unit.

Menurut Teddy, penyiapan armada bus angkutan JCH dari Baturaja menuju Asrama Haji Palembang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah.

Hal itu sesuai dengan Undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji yang menjadi tanggung jawab pemerintah yang dikoordinasikan dengan Kementerian Agama.

"Sembilan unit bus yang kami siapkan ini agar jamaah tidak berdesakan selama dalam perjalanan menuju asrama haji," katanya.

Selain menambah armada bus angkutan, kata dia, Pemkab OKU juga menyiapkan snack atau makanan ringan untuk para jamaah selama dalam perjalanan serta menu makan sebelum masuk ke asrama haji.

"Misalnya makan di Prabumulih, sehingga saat masuk asrama mereka sudah siap tinggal menunggu diberangkatkan ke Jeddah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Teddy juga berpesan kepada para JCH untuk selalu mengupdate situasi terkini di Tanah Suci, khususnya tentang kondisi cuaca karena situasinya sering berubah-ubah.

"Tentunya tetap jaga kesehatan dan saling menjaga sesama jamaah agar semua bisa mengikuti ibadah haji dari awal sampai selesai dengan khusyuk, aman, nyaman, lancar, dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," ujarnya.