Puting beliung rusak 133 rumah warga di OKU Timur

id Bencana alam, puting beliung, rumah rusak ringan, pohon tumbang, BPBD OKU Timur

Puting beliung rusak 133 rumah warga di OKU Timur

Atap rumah warga di Kecamatan Cempaka, OKU Timur berjatuhan disapu angin puting beliung, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Sebanyak 133 unit rumah warga di dua desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan diterjang angin puting beliung.

"Bencana alam yang terjadi pukul 18.15 WIB tadi melanda dua desa di Kecamatan Cempaka meliputi Desa Cempaka dan Sukaraja," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur Budi di Martapura, Rabu.

Dia mengatakan bencana angin puting beliung tersebut menyebabkan 92 rumah di Desa Cempaka dan 41 rumah milik warga Desa Sukaraja mengalami rusak ringan.



Dalam musibah tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, akibat bencana alam tersebut, ratusan warga nyaris kehilangan tempat tinggal yang layak dihuni setelah atap rumah mereka terbawa angin kencang.

"Rumah warga yang terdampak bencana alam ini sebagian besar terbuat dari bahan kayu dan atap genting," jelasnya.

Selain atap rumah warga, bencana puting beliung juga menumbangkan sebatang pohon yang berada di pinggir jalan jalur Komering, sehingga sempat menghambat lalu lintas kendaraan di jalur tersebut.

Saat ini BPBD OKU menerjunkan personel ke lokasi bencana untuk membantu warga membersihkan sisa material yang disapu puting beliung, termasuk  berkoordinasi dengan pihak Polsek Cempaka untuk membersihkan pohon tumbang agar lalu lintas di jalur tersebut kembali normal.



"Kami juga mendirikan posko penanggulangan bencana untuk mengantisipasi bencana susulan," ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana susulan agar tidak menimbulkan korban jiwa.