Gubernur Sumsel lepas 3.000 peserta pesepeda Sriwijaya Ranau Grand Fondo

id Sriwijaya Ranau Gran Fondo, balap sepeda, pesepeda Indonesia, Danau Ranau, event nasional

Gubernur Sumsel lepas 3.000 peserta pesepeda Sriwijaya Ranau Grand Fondo

Pesepeda memulai start di event Sriwijaya Ranau Grand Fondo di Kabupaten OKU Selatan, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Muaradua (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru melepas sebanyak 3.000 peserta pesepeda Sriwijaya Ranau Grand Fondo yang digelar di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sabtu.

"Suatu kebanggan hari ini Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah dalam pagelaran balap sepeda Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF) tahun 2022," kata Gubernur Sumsel, Herman Deru di Kabupaten OKU Selatan, Sabtu.

Dia mengatakan, SRGF 2022 merupakan event balap sepeda ke-4 kalinya yang dilaksanakan di destinasi wisata Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan.

Menurut Deru, SRGF telah masuk dalam kalender event nasional yang dilaksanakan setiap tahun yang dikemas dalam olahraga bersepeda sambil berwisata di seputar objek wisata Danau Ranau.

Sejak pertama kali SRGF digelar pada 2019, antusias masyarakat dan peserta terus mengalami lonjakan mulai dari hanya 500 peserta kini meningkat sebanyak 3.000 pesepeda yang mengikuti event tersebut.

"Sampai keempat kalinya SRGF berjalan aman tanpa ada kendala. Hal ini diharapkan dapat memantik lajunya pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga kearifan lokal," ujarnya.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Josh Akherman menambahkan bahwa Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini melibatkan ribuan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Sebanyak 3.000 peserta berasal dari 29 provinsi di Indonesia yang mengikuti balap sepeda Sriwijaya Ranau Grand Fondo," katanya.

Termasuk juga beberapa peserta dari mancanegara diantaranya, Ukraina, Jerman dan Rusia turut ikut serta memperebutkan hadiah ratusan juta serta satu unit mobil sebagai hadiah utama grandprize.

"Dalam event balap sepeda ini seluruh pesepeda dapat menikmati wisata olahraga di seputaran danau terbesar kedua di pulau Sumatera," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dalam sambutan virtualnya mengapresiasi Gubernur Sumsel Herman Deru yang telah berhasil untuk ke 4 kalinya melaksanakan Event Cycling Challenge yang melibatkan peserta bersepeda sambil berwisata di seputar Danau Ranau.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan sektor Parekraf, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan sportivitas atlet pesepeda di Tanah Air," ujarnya.