2.000 peserta akan ikut Sriwijaya. Ranau Grand Fondo 2023

id Balap sepeda, Sriwijaya Ranau Gran Fondo, HUT RI, Danau Ranau, Pemkab OKU Selatan,Pemkab OKU Selatan targetkan 2.000 pes

2.000 peserta akan ikut Sriwijaya. Ranau Grand Fondo 2023

Dokumentasi -Event Sriwijaya Ranau Grand Fondo di Kabupaten OKU Selatan. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip/22)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan menargetkan sebanyak 2.000 peserta balap sepeda mengikuti ajang Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) pada 19 Agustus 2023.

"Minimal 2.000 peserta nantinya mengikuti SRGF di OKU Selatan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Selatan M Rahmattullah di Muaradua, Jumat.

Dia menjelaskan, SRGF 2023 merupakan event balap sepeda ke-5 kalinya yang dilaksanakan di destinasi wisata Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumsel.

SRGF kelima ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masuk dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke 78 tahun 2023 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengusung tema "SRGF Merdeka".

"Tema ini diharapkan dapat diambil makna persatuan dan kesatuan serta semangat kemerdekaan," katanya.

Seperti biasanya, dalam event ini melibatkan pesepeda seperti jenis Road bike, Mountain Bike atau MTB, sepeda lipat, ontel (vintage), sepeda mini yang bersifat Cycling for all.

"Untuk persiapan SRGF saat ini bisa dikatakan sudah mencapai 100 persen mulai dari yang mendasar seperti mempersiapkan jalan dan rute perlintasan," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Selatan Aufa Syahrizal mengungkapkan dalam event balap sepeda ini seluruh pesepeda dapat menikmati wisata olahraga di seputaran danau terbesar kedua di pulau Sumatera.

Menurutnya, ada banyak efek dari perhelatan ini seperti banyaknya hotel dan penginapan yang bermunculan, restoran, serta dampak peningkatan ekonomi lainnya bagi masyarakat OKU Selatan.

"Melalui event ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sumsel, khususnya di Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.