Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2024 ajang OKU Selatan promosikan potensi

id Balap sepeda, event SRGF, Danau Ranau, potensi wisata, Gubernur Sumsel

Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2024 ajang OKU Selatan promosikan potensi

Ribuan peserta pesepeda mengikuti event Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) di pelataran Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan, Sumsel, Sabtu (19/8). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan mempromosikan potensi daerah, terutama pariwisata melalui event Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) yang diyakini dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke objek wisata Danau Ranau.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo di Muaradua, Minggu mengatakan, perhelatan SRGF kelima tahun 2023 yang digelar di kawasan Wisata Danau Ranau pada Sabtu (19/8) diikuti oleh ribuan pesepeda yang memacu sepedanya untuk menjadi yang tercepat sambil menikmati keindahan alam Kabupaten OKU Selatan, khususnya Danau Ranau.

Menurut dia, event SRGF menjadi salah satu ajang promosi untuk semakin memperkenalkan Kabupaten OKU Selatan dengan berbagai potensinya.

Berbagai hal penunjang kegiatan SRGF pun telah disiapkan pihaknya dengan maksimal, termasuk menampilkan berbagai potensi melalui UMKM yang turut dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Yang tak kalah penting pihaknya melakukan pembenahan sarana dan prasarana pendukung di area danau terbesar kedua di pulau Sumatera tersebut agar para pengunjung terkesima dan ingin kembali mengunjungi Danau Ranau.

"Hal itu terlihat ribuan peserta dan penonton dari berbagai daerah terlihat antusias memadati kawasan Danau Ranau untuk menyaksikan event tahunan yang digelar Pemkab OKU Selatan tersebut," ujarnya.

Untuk menyemarakkan kegiatan ini, panitia juga menyiapkan berbagai hadiah untuk para peserta mulai dari mobil, sepeda motor, sepeda dan hadiah menarik lainnya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan agar Kabupaten OKU Selatan semakin dikenal masyarakat luas, bahkan hingga mancanegara," harapnya.

Sementara, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengungkapkan, event SRGF tersebut diselenggarakan untuk mendorong dan menarik masyarakat luar daerah maupun mancanegara untuk datang ke Sumatra Selatan, khususnya Kabupaten OKU Selatan.

Herman Deru berharap potensi wisata maupun adat-istiadat, dan budaya yang ada agar terus dipromosikan sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

“SRGF ini merupakan wujud kita dalam bersama-sama mendukung potensi-potensi yang ada di Sumatra Selatan,” ujarnya.