Pemkab OKU Selatan hadirkan plaza kuliner di Danau Ranau

id Plaza kuliner, Pemkab OKU Selatan, Danau Ranau

Pemkab OKU Selatan hadirkan plaza kuliner di Danau Ranau

Objek wisata Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan, Sumsel. ANTARA/HO/24

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel) membangun plaza kuliner di pelataran objek wisata Danau Ranau, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BBPRRT) sebagai pusat oleh-oleh khas daerah setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKU Selatan Jos Akherman, di Muaradua, Senin, mengatakan bahwa pembangunan plaza kuliner yang saat ini sedang dibangun bertujuan untuk mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah ini.

Hal itu juga dilakukan sekaligus untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke objek wisata Danau Ranau sebagai danau terbesar kedua setelah Danau Toba.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung plaza kuliner tersebut dibangun di sekitar kawasan Pantai Pelangi, Kecamatan BBPRRT agar dapat menambah ikon Kabupaten OKU Selatan.

Di plaza ini nantinya melibatkan pelaku UMKM di Kabupaten OKU Selatan untuk menjual berbagai produk makanan khas daerah setempat.

"Plaza kuliner ini nantinya menjadi pusat oleh-oleh untuk wisatawan," katanya.

Para wisatawan akan lebih mudah untuk membeli beraneka ragam jenis makanan khas Kabupaten OKU Selatan guna dibawa sebagai buah tangan.

Ia berharap dengan adanya plaza ini dapat menarik minat wisatawan dari berbagai daerah berkunjung ke objek wisata Danau Ranau untuk berlibur bersama keluarga.

"Pembangunan plaza kuliner ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) OKU Selatan sekaligus memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya," ujar dia pula.