Dinkes OKU catat penambahan tiga kasus positif COVID-19

id Kasus aktif, positif COVID-19, pasien lansia, RSMH Palembang, Dinas Kesehatan OKU

Dinkes OKU catat penambahan tiga kasus positif COVID-19

Kabid P2P Dinkes OKU Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat penambahan tiga kasus positif COVID-19 sehingga total hingga saat ini sebanyak lima kasus aktif.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten OKU Andi Prapto di Baturaja, Jumat, mengatakan berdasarkan data per 5 Agustus 2022 total kasus positif di daerahnya mencapai 1.181 orang, sembuh 1.066 orang, meninggal dunia 110 orang dan lima kasus aktif.

Untuk kasus aktif pada periode tersebut bertambah sebanyak tiga orang yang saat ini masih menjalani perawatan di RSMH Palembang.

"Penambahan tiga pasien ini semuanya merupakan masyarakat lanjut usia," katanya.

Hanya saja, Andi mengaku pihaknya belum mengetahui secara pasti riwayat pasien yang terpapar COVID-19 karena masih dilakukan pelacakan kasus untuk memutus rantai penyebarannya.

"Yang jelas berdasarkan hasil tes swab terhadap tiga pasien ini semuanya dinyatakan positif," tegasnya.

Menurut Andi munculnya kembali kasus aktif di wilayahnya karena disebabkan beberapa faktor, salah satunya masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

Untuk itu, saat ini pihaknya kembali menggencarkan razia prokes di sejumlah tempat keramaian di Kota Baturaja agar masyarakat teredukasi selalu mentaati prokes guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Tim Satgas COVID-19 OKU mulai menggencarkan razia prokes dan menindak masyarakat yang melanggar aturan tersebut," tegas dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022