Diikuti 127 pondok pesantren, Sumsel gelar Liga Santri perebutkan Piala Kasad

id liga santri,kasad,tni,sepak bola,pssi,pondok pesantren

Diikuti 127 pondok pesantren, Sumsel gelar Liga Santri perebutkan Piala Kasad

Gubernur Sumsel Herman Deru menendang bola menandai dimulainya Liga Santri memperebutkan Piala Kasad di Lapangan Atletik Jakabaring Sport City, Palembang, Senin (20/6/2022). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan menggelar Liga Santri memperebutkan Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) di Palembang, 20 Juni - 30 Juni 2022, yang diikuti 127 pondok pesantren.

Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi dan Kapolda Provinsi Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto secara resmi membuka Liga Santri 2022 di Lapangan Atletik Jakabaring Sport City, Senin.

“Liga Santri ini untuk menjaring atlet dari santri pondok pesantren, yang nantinya diharapkan dapat mengharumkan nama bangsa,” kata ” kata Herman Deru.

Menurutnya kecintaan masyarakat terhadap olahraga sepak bola sudah tidak diragukan, akan tetapi ini belum ditunjang dengan banyaknya kompetisi di tingkat daerah.

Minimnya kompetisi ini juga berkaitan dengan keterbatasan sarana dan prasarana olahraga sepak bola.

Baca juga: Liga santri nusantara bergulir mulai 9 Agustus

Namun, adanya Liga Santri ini setidaknya memantik semua pihak untuk turut andil dalam mengembangkan olahraga ini.

Oleh karena itu, sebagai kepala daerah ia mengapresiasi langkah yang diambil Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama PSSI yang menginisiasi Liga Santri ini.

Sumsel berharap akan lahir pesepak bola berprestasi dari kompetisi ini yang dapat berkontribusi dalam memajukan persepakbolaan nasional.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan, sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati dan digemari oleh masyarakat dari berbagai usia dan lapisan masyarakat.

Hal itu yang melatari TNI AD bersama dengan PSSI membangun komitmen bersama demi kemajuan sepak bola Tanah Air dengan menyelenggarakan kompetisi Liga Santri di sejumlah kabupaten/kota.

Kompetisi diawali dengan menggelar pertandingan di tingkat kabupaten dan kota pada 20 - 30 Juni 2022, tingkat provinsi pada 7 Agustus - 23 September 2022. Kemudian tim-tim terbaik dari provinsi akan berkompetisi pada 25 September - 20 Oktober 2022.

“Melalui kompetisi ini diharapkan mampu menciptakan kekuatan antara TNI dengan rakyat serta menumbuhkan rasa cinta tanah air, bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan,” kata Pangdam.

Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai wahana dalam rangka membina sepak bola pada generasi muda, sekaligus mencari talenta-talenta yang berbakat.