Pembunuhan 14 migran Guatemala di Meksiko diduga "kejahatan negara"

id pembunuhan migran,guatemala,meksiko

Pembunuhan 14 migran Guatemala di Meksiko diduga "kejahatan negara"

Pasukan Garda Nasional Meksiko memegang tameng untuk memblokir para migran, bagian dari kelompok yang menuju Amerika Serikat, dekat perbatasan Guatemala-Meksiko, di Ciudad Hidalgo, Meksiko, Senin (20/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Torres/foc/djo/am.

Guatemala City (ANTARA) - Pembunuhan terhadap 14 migran Guatemala di Meksiko, yang diduga dilakukan oleh polisi, mungkin termasuk ke dalam "kejahatan negara", kata seorang politisi oposisi senior Guatemala pada Kamis (11/2).

Para migran tersebut merupakan korban pembantaian yang secara keseluruhan menewaskan 19 orang, yang terjadi di Negara Bagian Tamaulipas pada Januari. Penyidik menyebutkan bahwa pihaknya mencurigai sedikitnya ada 12 anggota kepolisian yang terlibat dalam pembantaian tersebut.

Carlos Barreda, anggota senior Partai Unidad Nacional de la Esperanza (UNE), mengatakan kepada Reuters bahwa para pejabat di UNE berencana mendatangi Tamaulipas pada akhir Februari untuk mencari kebenaran informasi mengenai kasus itu.

"Tujuan kami adalah memohon agar pelaku diadili dan dihukum, serta meminta informasi untuk memastikan apakah itu benar kejahatan negara atau bukan," kata Barreda.

Pemerintah Meksiko belum memberikan tanggapan terkait wacana itu.

Barreda juga menyebut dirinya mendapat kabar bahwa jenazah para korban akan dibawa pulang ke Guatemala pada Rabu (17/2) pekan depan.


Sumber: Reuters