DPRD Sumsel dukung gubernur bangun BUMD agri bisnis

id bumd agri bisnis, bangun bumd agri bisnis, bumd agri bisnis d,#Indonesia #kpk #koruptor #jokowi #dpr,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, a

DPRD Sumsel dukung gubernur  bangun BUMD agri bisnis

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumsel, Syaiful Padli (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung Gubernur Herman Deru membangun BUMD agri bisnis untuk menampung hasil kebun rakyat.

"Provinsi dengan 17 kabupaten dan kota ini memiliki lahan pertanian dan perkebunan rakyat cukup luas, keberadaan BUMD agri bisnis diharapkan dapat membantu petani dalam memasarkan hasil kebun dan memberikan nilai tambah," kata Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumsel, Syaiful Padli di Palembang, Rabu.

Menurut dia, selama ini hasil kebun rakyat seperti karet dan kelapa sawit dijual kepada pengepul dengan harga yang kurang baik dan tidak stabil.

Selain itu hasil kebun rakyat dijual tanpa melalui proses pemberian nilai tambah sehingga petani tidak mendapatkan keuntungan maksimal.

Melihat kondisi tersebut, rencana gubernur membangun BUMD agri bisnis akan didukung secara maksimal agar segera direalisasikan dengan memproses perdanya.

"Perlu segera ada lembaga ekonomi yang dapat berkontribusi langsung terhadap para petani baik dalam penyediaan bibit, sarana produksi maupun bidang pemasarannya," ujar Syaiful.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan,untuk membantu petani mengatasi anjloknya harga hasil kebun mereka terutama karet dan kelapa sawit, pihaknya segera membangun BUMD agri bisnis.

"Harga karet dan kelapa sawit sekarang ini belum mencapai tingkat keekonomian yang diharapkan petani, untuk itu kami berupaya melakukan terobosan yang dapat membantu petani," ujarnya.

Pembentukan BUMD agri bisnis diyakini dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah khususnya sektor pertanian serta dapat berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Kemudian diharapkan pula menjadi perintis kegiatan sektor pertanian melalui mekanisme korporasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan terciptanya lapangan kerja baru, kata gubernur.