Pendaftaran calon kepala daerah dua kabupaten di Sumsel diperpanjang

id perpanjangan pendaftaran,Pendaftaran pilkada 2020, bakal paslon pilkada 2020, bakal paslon kpu, pilkada oku timur, pilka,berita sumsel, berita palemba

Pendaftaran calon kepala daerah dua kabupaten di Sumsel  diperpanjang

Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, Selasa (8//9) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di dua kabupaten Sumatera Selatan diperpanjang karena baru satu pasangan yang mendaftar untuk mengikuti Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Selasa, mengatakan perpanjangan pendaftaran tersebut ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan OKU Selatan yang sementara ini calon kepala daerahnya melawan kotak kosong.

"KPU memberikan waktu sosialisasi pendaftaran untuk perpanjangan 7-9 September, lalu pendaftaran calonnya 10-12 September," ujar Kelly saat tes kesehatan calon kepala daerah di RSUP Muhammad Hoesin Palembang.

Menurut dia, keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat KPU RI pada 6 September, sebab masih ditemukan beberapa calon kotak kosong dan masih ada partai politik yang belum menyatakan dukungannya pada beberapa daerah di Indonesia.

Jika dilihat dari dukungan partai yang ada, Kelly mengakui kecil kemungkinan muncul calon baru di dua kabupaten itu karena partai tidak boleh mencabut dukungan dari pasangan yang sudah diusung.

Ia menjelaskan bahwa Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ulu Selatan menjadi dua wilayah yang hingga belum memiliki kompetitor dalam pilkada serentak, karena partai-partai politik di kedua wilayah itu diketahui kembali mengusung petahana bupati dan wakil bupati saat ini.

Di Ogan Komering Ulu terdapat pasangan calon Kuryana Azis-Johan Anuar (PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, NasDem), sedangkan di Ogan Komering Ulu Selatan terdapat pasangan Popo Ali-Sholihien (PKB, Gerindra, PDI, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB).

"Meskipun suara parpol sudah diborong semua, tetap harus buka pendaftaran mengikuti KPU RI," tambahnya.

Kelly menyebut pertarungan melawan kotak kosong di Sumsel sendiri pernah terjadi saat Pilkada di Kota Prabumulih pada 2018 yang akhirnya dimenangkan oleh pasangan yang diusung partai politik.

Akibat perpanjangan ini membuat pasangan calon dari Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ulu Selatan belum mengikuti tes kesehatan di RSUP Muhammad Hoesin Palembang pada Selasa ini.