PWI bersama Gubernur Sumsel bahas upaya bangkit dampak COVID-19

id Gubernur sumsel, dialog pers, pwi,covid sumsel,covid-19,sumsel,info sumsel,berita sumsel,pwi sumsel,covid,update covid-19,normal baru

PWI bersama Gubernur Sumsel bahas upaya bangkit dampak COVID-19

Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar, bersama Gubernur Herman Deru pada acara dialog pers. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan bersama Gubernur Sumsel Herman Deru melakukan dialog pers membahas upaya bangkit dari dampak pandemi COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru yang produktif dan aman dari penyakit tersebut.

Dialog dengan tema "Pers dan Pemda Membangkitkan Semangat Rakyat di Tengah Bencana” diselenggarakan dengan cara tatap muka terbatas di Griya Agung rumah dinas Gubernur Sumsel, Palembang, Kamis, sesuai dengan protokol kesehatan antisipasi COVID-19 dan secara virtual.

Dalam acara tatap muka, selain Gubernur Sumsel, Herman Deru , Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, tampak hadir Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua DPRD Sumsel, Anita Nuringhati dan sejumlah wartawan senior dari sejumlah kabupaten/kota provinsi setempat.

Sementara dialog virtual melalui aplikasi jaringan internet diikuti perwakilan pengurus PWI dari 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel.

Baca juga: Upaya pencegahan karhutla masa pandemi COVID-19

Baca juga: Dinkes Sumsel: Masyarakat tidak pakai masker didenda


Gubernur Herman Deru pada kesempatan itu mengatakan wabah COVID-19 mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakat di provinsi ini dan ekonomi sejak Maret 2020 karena adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru itu.

Menghadapi pandemik COVID-19 yang cukup panjang dan belum bisa diprediksi waktu berakhirnya, pemerintah mengambil kebijakan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru agar masyarakat tetap produktif dengan mematuhi protokol kesehatan secara disiplin sehingga aman dari penularan virus tersebut.

Selama berlangsungnya PSBB sekitar tiga bulan berbagai aktivitas masyarakat terganggu bahkan banyak yang terhenti sehingga mempengaruhi ekonomi masyarakat.

Melalui kebijakan normal baru, masyarakat dan pelaku UMKM yang terdampak COVID secara bertahap mulai bangkit, untuk itu pemerintah berupaya mendorong semua pihak melakukan kegiatan secara normal dengan mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, kata Gubernur.

Baca juga: Update COVID-19: Pasien sembuh di Sumut meningkat jadi 1.483

Baca juga: PLN UIP - ACT Sumsel salurkan bantuan penanggulangan COVID-19


Sementara Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah memfasilitasi dialog Pers dalam rangka HUT PWI dan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

Kegiatan ini dilakukan menindaklanjuti hasil rapat Pengurus PWI Sumsel pada 9 Juni 2020 dan memperhatikan surat PWI Kota Lubuklinggau (Nomor 010/HPN/PWD/PWHLLG/1/2020) tanggal 27 Juni 2020 perihal penundaan acara HPN dan Porwada di Kota Lubuklinggau karena kondisi pandemik COVID-19.

Untuk itu, pengurus PWI Sumsel sepakat menggelar acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Sumsel bersama Gubernur di Palembang dengan acara dialog pers nasional yang diselenggarakan hari ini, kata Firdaus.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PWI

Atal S Depari memberikan penghargaan “Gubernur Peduli Pers” kepada Herman Deru sementara gubernur memberikan hibah kendaraan operasional untuk PWI Sumsel.

Baca juga: PWI Sumsel potong hewan kurban dan dibagikan kepada penyapu jalan

Baca juga: Gubernur Sumsel fasilitasi wartawan tes cepat COVID-19
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar