21.584 keluarga di OKU cairkan dana BST tahap II

id Dana bantuan sosial, bantuan sosial tunai, tahap II, KPM OKU, tetap patuhi protokol

21.584 keluarga di OKU cairkan dana BST tahap II

Warga OKU antre mencairkan dana bantuan sosial tunai di Kantor Pos Baturaja, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 21.584 keluarga penerima manfaat (KPM) warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, telah mencairkan dana bantuan sosial tunai (BST) Tahap II dari pemerintah melalui Kantor Pos setempat.

"Berdasarkan data dari Kementerian Sosial tercatat sebanyak 21.584 KPM di OKU yang sudah mencairkan dana BST tahap II periode Mei 2020," kata Kepala Kantor Pos Baturaja Juhen Hendri di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, jumlah tersebut berkurang dibandingkan penyaluran tahap I periode April 2020 yaitu tercatat 23.000an KPM.

Dia menjelaskan pengurangan jumlah KPM tersebut selain karena terdapat penerima bantuan ganda juga karena ada warga yang meninggal dunia atau pindah domisili.

"Pengurangan jumlah KPM ini kemungkinan karena Kementerian Sosial mendeteksi penerima bantuan ganda atau faktor-faktor lain tersebut," jelasnya.

Adapun besaran bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat terdampak COVID-19 ini yaitu Rp600.000 untuk setiap KPM perbulan selama tiga bulan sejak April-Juni 2020.

"Untuk pencairan dana BST tahap III atau periode Juni 2020 kemungkinan mulai dicairkan pada pertengahan bulan ini," ujarnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat yang akan mencairkan dana BST di kantor pos setempat tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti memakai masker dan menjaga jarak antrean di loket.

"Sama seperti pencairan tahap sebelumnya warga tetap harus mematuhui protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona," tegasnya.