Kemenag imbau masyarakat percepat pembayaran zakat fitrah

id zakat fitra,berapa bayar zakat,kementerian agama,virus corona,bantu warga miskin,palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera, beri

Kemenag imbau masyarakat percepat pembayaran zakat fitrah

Kampanye ajakan berzakat dengan slogan "Jangan Ditahan Selama Ramadhan". (ANTARA/Iggoy el Fitra)

Belitung,Babel (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau masyarakat di daerah itu mempercepat pembayaran zakat fitrah 1441 Hijriah di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat agar segera membayarkan zakat fitrah pada amil yang dibentuk baik di Masjid dan badan amil yang telah dibentuk oleh Desa," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, zakat fitrah dapat dibayarkan di awal ramadhan bahkan sebelum ramadhan, namun masyarakat biasanya terbiasa membayarkannya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kami imbau mempecepat pembayaran zakat karena nanti penyaluraannya dapat lebih cepat memang ada masyarakat yang memilih "afdhal" sebelum hari raya Idul Fitri," ujarnya.

Dikatakannya, pengumpulan zakat fitrah juga diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan penanganan virus corona baru atau COVID-19 antara lain menyediakan tempat cucitangan.

Selain itu, pengumpulan zakat diharapkan meminimalkan kontak fisik tatap muka secara langsung atau membuka gerai di keramaian hal tersebut digantikan menjadi
sosialisasi pembayaran zakat melalui layaman jemput zakat dan transfer layanan perbankan.

"Kemudian untuk menghindari penyaluran zakat fitrah kepada mustahik melalui tukar kupon dan mengumpulkan para penerima zakat fitrah," katanya.

Ia menambahkan, petugas yang menyalurkan zakat fitrah agar dilengkapi dengan alat pelindung kesehatan seperti masker, sarung tangan dan alat pembersih sekali pakai.

"Jadi pengumpulan zakat dan penyaluran zakat fitrah tetap memperhartikan protokol kesehatan penanganan COVID-19," ujarnya.