Pemkot Palembang gandeng swasta percantik halte Trans Musi

id harnojoyo,pariwisata,wisata,ojek,gojek

Pemkot Palembang gandeng swasta percantik  halte Trans Musi

Wali Kota Palembang Harnojoyo. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menggandeng perusahaan swasta untuk mempercantik lima halte bus Trans Musi guna meningkatkan kenyamanan dan minat masyarakat menggunakan moda transportasi massal tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Agus Rizal di Palembang, Senin, mengatakan lima halte transit tersebut di antaranya dua halte di Simpang Polda, satu halte di Pasar Cinde, dan satu halte di Monpera.

"Kami siapkan konsepnya lebih futuristik, sehingga ada perbedaan dibandingkan sebelumnya,” kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini Gojek sudah menyanggupi untuk menyalurkan dana CSR-nya untuk membantu perbaikan halte tersebut.

Selain itu, penyedia jasa aplikasi angkutan ojek ini juga bakal mempercantik Taman Ampera Skate Park di bawah Jembatan Ampera yang belum dipercantik kembali setelah resmi dibuka bagi masyarakat pada Februari 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo sangat merespon positif kepedulian kalangan swasta untuk memperindah Kota Palembang mengingat sejak awal memiliki konsep menjadi kota internasional.

“Revitalisasi Skate Park ini tidak mesti membongkar ulang, tapi cukup dipercantik saja. Saya harap tahun ini bisa terealisasi,” kata dia.

Menurut Harnojoyo, pembangunan kota ini harus melibatkan banyak pihak terutama kalangan swasta karena keterbatasan dana APBD. Jika hanya mengharapkan dana dari pemerintah maka tidak akan terjadi percepatan, kata dia.

“Saat ini kami fokus menggarap sektor pariwisata, karena potensinya sungguh luar biasa dan belum tergarap maksimal. Setelah Palembang menjadi tuan rumah Asian Games seharusnya, ini saatnya untuk menuai hasilnya,” kata dia.

Sektor pariwisata Kota Palembang tumbuh positif pada 2019, dengan menyumbang sekitar Rp250 miliar dari Rp1,3 triliun target Pendapatan Asli Daerah (PAD), angka tersebut naik Rp65 miliar jika dibandingkan tahun 2018.