Pemprov Sumsel siap bantu PMI mobil operasional

id PMI, Wagub,sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemprov Sumsel siap bantu  PMI mobil operasional

Wagub Sumsel Mawardi Yahya. (FOTO ANTARA/dok.)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membantu Palang Merah Indonesia (PMI) daerah itu kendaraan operasional sehingga organisasi kemanusiaan tersebut lebih cepat dalam memberikan bantuan.

"Peranan dan tugas PMI dalam membantu membutuhkan dukungan semua pihak, baik berupa dukungan moril dan materiil termasuk fasilitas," kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya di Palembang, Selasa.

Oleh karena itu Pemprov Sumsel sendiri dia akan membantu kendaraan opersional ke PMI daerah itu guna memaksimalkan organisasi tersebut dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Melalui kebijakan nanti kita akan membantu mobil operasional dan lainnya untuk PMI," kata Wagub.

Dia mengatakan, peran PMI dalam membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan sangat besar terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana yang dimuat dalam undang undang tentang kepalangmerahan.

“PMI diberi tugas memberikan pelayanan darah sesusai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan dan membantu pemberian pelayanan kesehatan dan sosial,” katanya.

Jadi, kata dia, sudah seharusnya membantu agar tugas dan fungsi PMI semakin maksimal.

Sementara itu Ketua PMI Provinsi Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru mengatakan, pihaknya melaksanakan orientasi dan sosialisasi tentang Kepalangmerahan untuk memberikan penguatan dan memamahi tugas serta mendorong kemajuan PMI di wilayah kerjanya masing-masing. D

Selain itu melakukan penandatanganan nota kesepahaman PMI Provinsi Sumsel bersama mitra kerja diantaranya OJK Regional 7 Sumbagsel, Bank BNI Wilayah Palembang, Angkasa Pura SMB II Palembang, Pegadaian Wilayah 03 Palembang, Sucofindo Cabang Palembang, Sumatera Ekspres, DPD Formi Sumsel, PHRI Sumsel dan DPD APJI Sumsel.

Kemudian Universitas Tridinanti Palembang, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas IBA Palembang dan STISIPOL Candradimuka Palembang.