Wagub Sumsel harapkan PT Sumsel Energi Gemilang beri tambahan PAD

id sumsel,rups,bumd, pt sumel energi gemilang

Wagub Sumsel harapkan PT Sumsel Energi Gemilang beri tambahan PAD

Wagub Sumatera Selatan H Mawardi Yahya saat menghadiri RUPS PT Sumsel Energi Gemilang yang merupakan salah satu BUMD daerah itu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Wakil Gubernur  Sumatera Selatan H Mawardi Yahya berharap PT Sumsel Energi Gemilang sebagai perusahaan daerah itu memberikan tambahan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sebagai salah satu BUMD di Provinsi Sumatera Selatan tentunya kita sangat mengharapkan agar PT. Sumsel Energi Gemilang dapat menjadi BUMD yang memberikan tambahan PAD bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan," kata Mawardi Yahya pada RUPS PT Sumsel Energi Gemilang di Palembang, Selasa.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Sumsel Energi Gemilang  hari ini merupakan Rapat Tahunan yang berisi pertanggungjawaban dari perusahaan di hadapan para pemegang sahamnya.

Tambahan PAD itu sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD pada Pasal 7 yang menyatakan bahwa Pendirian BUMD.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pribadi saya menyambut baik dan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya kita untuk memantapkan kinerja seluruh jajaran PT. Sumsel Energi Gemilang," kata wagub.

Ia menyebutkan BUMD itu untuk  menunjang dan mengembangkan Perekonomian Daerah, menambah Pendapatan Asli Daerah dan memperluas lapangan kerja. Pada tahun 2000, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendirikan Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi.

PT Sumsel Energi Gemilang mempunyai visi yaitu membawa PT Sumsel Energi Gemilang menjadi Perseroda dalam bidang pertambangan dan energi terkemuka di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Sumatera Selatan pada khususnya dan melibatkan kabupaten/kota.

Perusahaan yang dikenal sampai tahun 2019 sebagai PDPDE merubah Status Hukum dan perubahan nama menjadi PT Sumsel Energi Gemilang (Perseroda) yang melakukan kegiatan usaha di bidang hulu dan hilir pertambangan dan energi serta pengembangan energi kelistrikan di Sumatera Selatan.

Turut hadir Komisaris Utama PT Sumsel Energi Gemilang, Arwin Novansyah, Dirut PT Sumsel Energi Gemilang, Wahyu Setiadi, Kepala BPKAD Akhmad Mukhlis , Karo Perekonomian, Hengki Putrawan.