IMI: Sirkuit Skyland akan rutin gelar kejuaraan nasional-internasional

id IMI, sirkuit, muba

IMI: Sirkuit Skyland  akan rutin gelar kejuaraan nasional-internasional

Wakil Ketua IMI Pusat M Saputra (kursi roda) bersama Kadispopar Musi Banyuasin (ANTARA/Ujang Idrus)

Palembang (ANTARA) - Wakil Ketua IMI Pusat Bidang Olahraga Roda Dua, Medya Saputra mengatakan sirkuit Skyland Musi Banyuasin, Sumatera Selatan diagendakan rutin untuk menggelar kejuaraan motor tingkat nasional dan internasional.

"Sirkuit Skyland nantinya akan rutin menjadi tempat diselenggarakannya kejuaraan nasional maupun internasional. Kami akan mengagendakan berbagai kejuaraan sehingga sirkuit tersebut bisa lebih terawat," kata Medya Saputra, Minggu.

Nantinya, lanjut Medya, setelah Kejuaraan di sirkuit Sentul, kejuaraan balap motor akan dilangsungkan di Skyland Musi Banyuasin karena sirkuit tersebut sudah memenuhi syarat internasional, sehingga harus dimanfaatkan lebih maksimal, apalagi sirkuit itu sudah pemanen.



Oleh karena itu, katanya, IMI akan mengagendakan sirkuit tersebut menjadi tempat berbagai kejuaraan agar tidak terbengkalai. Dan, saat ini sedang berlangsung kejuaraan internasional Supermoto yang diikuti pebalap dari tujuh negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Pusat Siswanto Budi mengatakan kejuaraan Supermoto sebagai ajang uji coba untuk kejuaraan tingkat dunia.

Menurut dia, kejuaraan sekarang ini menjadi ajang pemanasan bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri pada kejuaraan berikutnya. Ini menjadi modal Indonesia untuk mempersiapkan diri menuju S1GP setara kejuaraan internasional MXGP.

Sementara Advisor Supermoto Cup, Frans Tanujaya mengatakan pihaknya mendesain sirkuit ini sejak awal dikhususkan untuk kejuaraan dunia. "Sirkuitnya cukup unik, para peserta juga terkejut dan kagum ada lokasi terpencil, namun memiliki sirkuit sangat baik dan layak untuk penyelenggaraan kejuaraan dunia," tuturnya.



Oleh karenanya, Musi Banyuasin jadi pionir fasilitas sirkuit dan dari sisi lintasan juga sangat baik, bahkan layak untuk kejuaraan internasional dengan panjang 1,15 kilometer dan 350 meter track tanah liat.

Sementara pebalap Malaysia Ahmad Daniel Haikal mengatakan sirkuit Skyland telah memenuhi syarat karena ia telah melakukan uji coba lintasan.

"Lintasan sangat baik, 50 persen 'offroad', 50 persen aspal. Offroad ini memberi tantangan bagi kita menahan keseimbangan, membuat tangan kita harus bersiap, sebab saya sudah melakukan uji coba lintasan," kata dia.

Kejuaraan internasional Supermoto di sirkuit Skyland Banyu Asin diikuti pebalap senior dan pemula dari 7 negara, yakni Yang Kai Hubg (Taiwan), Pedro Wuner, Raffi Tangka dan Farudila Adam (Indonesia), Lewis Cornish (Inggris), Keneth San Andreas (Filipina), Aqil Rusyaidi Bin Shaharum.

Selanjutnya, Abdul Rahman Bin Ahmad, Bryan Kuang Fuyou dan Mohammad Fazli bin Kamaruddin (Singapura), Dominic Fletcher (Autralia), Muhammad Habibullah bin Mohd, Mohammad Khairi bin Zakaria, Mohammad Khuzaini bin Mahmood, Ahmad Daniel Haikal dan Mohd Dahnial bin Yunasri (Malaysia).