Wagub: Lansia di Sumsel alami peningkatan

id wagub

Wagub: Lansia di Sumsel   alami peningkatan

Wagub Sumsel Mawardi Yahya (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan, penduduk lanjut usia di provinsi itu mengalami peningkatan sehingga pelayanan sosial juga meningkat.

"Peningkatan jumlah penduduk lanjut (lansia) membawa konsekuensi makin meningkatnya kebutuhan pelayanan khususnya pelayanan sosial," katanya usai melantik pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia Sumsel di Palembang, Jumat.

Makanya, kata dia, perlu ditingkatkan upaya kemajuan dan melakukan kerja sama kemanusiaan. Dalam hal ini lembaga lanjut usai itu sangat strategis dalam pelayanan sosial para lanjut usia khususnya untuk Provinsi Sumse.

Untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi lembaga dan organisasi sosial ke masyarakat yang bergerak dan peduli terhadap Lanjut Usia, Pemerintah telah mengeluarkan Kepres tentang Komisi Nasional Lanjut Usia dan pembentukan komisi daerah lanjut usia dan pemberdayaan masyarakat dalam penanganan lanjut usia di daerah.

"Namun realisasi pembentukannya belum dapat dilaksanakan secara maksimal mengingat Kepengurusan Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) kabupaten dan kota belum semua terbentuk," ujar dia.

Hal tersebut dikarenakan kelembagaan LLI merupakan salah satu unsur yang harus masuk dalam kepengurusan komisi daerah (Komda) baik di tingkat pusat, provinsi maupun tingkat kab dan kota.

Khusus kepada pengurus yang telah dikukuhkan Wagub berpesan agar merek menerapkan azas kebersamaan untuk mencapai tujuan organisasi secara optimal. Kemudian melakukan keterbukaan dan transparansi dalam mengelol administrasi organisasi dengan menerapkan sistem manajemen terbuka.

Terapkan juga azas musyawarah dan mufakat dalam pengambilan keputusan baik untuk kemajuan organisasi maupun dalam upaya menciptakan peningkatan kesejahteraan para pengurus khususnya dan para lanjut usia, ujar dia.

Sementara Ketua LLI Bachtiar Hamzah mengatakan, moment ini sangat bersejarah karena tidak mudah membangun sebuah organisasi. Saat ini LLI sedang dibangun di seluruh Indonesia namun baru di 20 provinsi yang terealisasi.

Di sini pihaknya punya visi mewujudkan kehidupan lanjut usia yang sejahtera sehat berkualitas dan tetap aktif dan berdaya guna, tambah dia.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar