Pangdam II Sriwijaya semai kapur tohor di Jambi

id Pangdam II semai kapur di udara jambi

Pangdam II Sriwijaya semai  kapur tohor di Jambi

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan bersama Kepala Divisi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Marskal Pertama Basuki Rochmat melakukan penyemaian kapur tohor diatas wilayah Provinsi Jambi untuk mendapatkan hujan buatan agar bisa memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sampai saat ini masih terjadi kabut asap akibat karhutla.(Antara.jambi/Nanang Mairiadi).

Jambi (ANTARA) - Panglima Kodam (Pangkam) II Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan bersama Kepala Divisi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Marskal Pertama Basuki Rochmat melakukan penyemaian kapur tohor di atas wilayah Provinsi Jambi untuk mendapatkan hujan buatan agar bisa memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sampai saat ini masih terjadi kabut asap akibat karhutla.

Pangdam II Sriwijayadidampingi Kepala Divisi TMC dengan menggunakan pesawat CN-295 A-2901 yang dipimpin Kapten pilot Enggal dab Lettu Joenoes di Jambi, Jum'at.

Kedatangan Pangdam Irwan disambut langsung oleh Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, Kapenrem Mayor Inf Firdaus dan para Kasi Korem 042/Gapu di posko udara Karhitla Jambi yang berada di bandara Sultan Thaha Jambi.

Pangdam II Sriwijaya menyampaikan hari ini dirinya bersama Kepala Divisi TMC ikut langsung menyemai kapur NaCl yang akan membuat hujan buatan untuk area Kota Jambim, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Muarojambi dan wilayah Sumsel bagian Utara, Timur, Selatan dan Tenggara.

Ditambahkan Pangdam bahwa TNI masih terus melakukan pemadaman karhutla di beberapa daerah termasuk Jambi di lokasi hutan yang terbakar dan untuk hari ini kita bersama TMC membuat hujan buatan, yang mana harapan kita hujan ini bisa memadamkan api di lahan gambut yang masih terbakar khusus di Jambi dan dimana ada sebanyak 2.400 kg kapur tohor yang akan disemai semuanya.

Sementara itu Kepala Divisi TMC, Marskal Pertama Basuki Rochmat menyebutkan untuk wilayah Jambi sudah yang tiga kali disemai kapur tohor yakni dua kali dari Palembang dan satu kali dari Pekanbaru yang mana tujuan untuk mengurai asap yang tebal sehingga bisa turun hujan.

"Kita juga tidak hanya menyemai kapur tohor ini, akan tetapi kita harus berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi awan sebelum menyemai sehingga bisa efektif dalam menyemai kapur tohor dan menjadi hujan," kata Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan di posko udara Karhutla Jambi.


 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar