BPS OKU upayakan penyediaan data berkualitas

id BPS,Ogan Komering Ulu,Sumsel,data berkualitas,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

BPS OKU upayakan  penyediaan data berkualitas

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel, Budiriyanto. (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terus mengupayakan penyediaan data berkualitas mulai dari sensus, survey hingga data administrasi guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul.

"Hal inilah yang menjadi tantangan bagi kami untuk menyediakan data yang berkualitas," kata Kepala BPS Ogan Komering Ulu Budiriyanto, di Baturaja, Kamis.

Selain itu, pihaknya juga harus memikirkan bagaimana memanfaatkan "big data" yang begitu luar biasa untuk membangun "Satu Data Indonesia" guna membangun SDM yang lebih unggul.

"Kompleksitas permasalahan yang dihadapi ke depan juga akan tentu menuntut keakurasian dalam pengambilan keputusan," katanya.

Sehingga, kata dia, data statistik menjadi sangat penting untuk menguraikan kompleksitas tersebut agar pemerintah memiliki landasan yang kuat untuk penyusunan kebijakan di berbagai bidang.

Menurut dia, BPS sebagai lembaga penyedia data statistik resmi di Indonesia menghadapi tantangan baru sebagai sehingga menjadi sangat penting di tengah membanjirnya data dengan volume, variasi dan kecepatan.

Oleh karena itu, pihaknya harus terus menerus melakukan inovasi dengan menggunakan metodologi dan teknologi terkini agar tidak ketinggalan dari yang lain.

Untuk bisa melakukan itu semua, lanjut dia, BPS juga harus terus membangun peningkatan SDM di lembaga tersebut dengan memberikan berbagai pelatihan seperti lokakarya, teknis dan pendampingan.

"Pada prinsipnya ditekankan bahwa untuk menghasilkan SDM Indonesia yang unggul, SDM BPS juga harus unggul," demikian Budiriyanto.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar