Sekolah diberikan kewenangan ubah jadwal masuk kalau ada kabut asap

id kabut, asap, tebal, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini,jadwal masuk sekolah,dinas p

Sekolah diberikan kewenangan ubah jadwal masuk kalau ada kabut asap

Arsip- Petugas sekolah merapikan berkas di dalam ruangan kelas belajar mengajar yang kosong . ANTARA FOTO/Rony Muharrman/pras.

Palembang (ANTARA) - Sekolah diberikan kewenangan untuk mengubah jadwal jam masuk pelajar bila terjadi kabut asap di lingkungan sekitar.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Jumat mengatakan, sekolah harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, terutama bila terjadi kabut asap.

"Jadi jadwal masuk siswa dapat dirubah bila terjadi kabut asap karena dampak kabut asap sangat berbahaya bagi kesehatan," ujar dia.

Memang, lanjut dia, belum lama ini pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada SMA di Sumsel agar jadwal masuk sekolah dimundurkan menjadi pukul 08.00 WIB.

Hal ini karena selama ini kabut umumnya mulai timbul pada pagi hari sehingga perlu dihindari, ujar dia.

Namun bila kabut masih ada ketika pukul 08.00 WIB sekolah bisa memundurkan lagi, ujar dia.

Kesemuanya itu untuk mengantisipasi agar siswa dapat menghindari kabut asap karena dampaknya cukup banyak, terutama bagi kesehatan.

Dalam upaya untuk menghindari kabut asap tersebut pihaknya telah membagikan masker kepada siswa di sekolah, seperti di SMA di Kota Palembang.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy mengatakan, pihaknya telah membagikan ribuan masker, baik pada pelajar maupun pengguna jalan.

Begitu juga Dinas Kesehatan kabupaten dan kota telah diberikan masker untuk dibagikan pada masyarakat, terutama daerah yang rawan terbakar.