Dinkes Palembang tingkatkan kualitas faskes pertama

id faskes tingkat pertama, puskesmas, pusat kesehatan masyarakat, kadinkes palembang

Dinkes Palembang  tingkatkan kualitas faskes pertama

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia (Foto ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas yang ada di 18 kecamatan.

Untuk meningkatkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang berada di tengah permukiman penduduk itu, terus dilakukan pembenahan sistem manajemen mutu dan penambahan fasilitas pendukung," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia di Palembang, Jumat.

Ia menegaskan sistem manajemen mutu organisasi internasional untuk standardisasi atau ISO akan diterapkan secara maksimal di seluruh faskes tingkat pertama di kota itu.

Dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional, dia berharap tenaga medis di puskesmas dapat menangani masalah gangguan kesehatan masyarakat yang tergolong ringan secara maksimal.

"Secara umum pelayanan kesehatan di Bumi Sriwijaya ini sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis hingga tingkat sedang cukup di puskesmas saja," ujarnya.

Manurut dia, dengan kondisi seperti itu masyarakat tidak perlu ke Rumah Sakit Umum Daerah Bari atau dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Mohammad Hoesin Palembang jika mengalami gangguan kesehatan ringan hingga sedang karena sudah ada beberapa puskesmas yang melayani rawat inap.

Dengan peningkatan kualitas puskesmas yang dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir, katanya, faskes tingkat pertama itu mulai dilirik berbagai lapisan masyarakat.

Menurut dia, masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati kendaraan bermotor roda dua dan empat.