Mendag pastikan tidak ada rencana impor cabai

id impor cabai,Kemendag,cabai luar negeri,cabai petani,harga cabe,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pale

Cabai rawit merah. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membantah informasi adanya rencana impor cabai oleh Kementerian Perdagangan sebagai upaya menurunkan harga cabai.

"Belum ada permohonan, kan kita harus ada rekomendasi dulu," kata Mendag usai menghadiri Seminar Nasional bertajuk "Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju" di Jakarta, Jumat.

Hal senada disampaikan Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan dan Jasa Lasminingsih. Ia menyampaikan bahwa Kemendag tidak akan mengimpor cabai karena bukan komoditas yang tahan lama.

Baca juga: Harga cabai kian melambung

"Masa mau impor cabai, itu kan komoditas yang tidak tahan lama," kata Lasminingsih.

Menurut dia, harga kebutuhan pokok secara nasional relatif stabil. Hanya cabai yang harganya relatif mahal karena ketersediaannya sedikit terganggu.

Ia memperkirakan, harga cabai kembali pulih atau normal pada akhir Agustus 2019, karena awal September para petani akan mulai panen cabai, sehingga ketersediaannya di pasaran akan melimpah.

Dalam jangka pendek, Kemendag juga akan melakukan berbagai langkah strategis untuk menekan peningkatan harga cabai di pasaran.

Baca juga: Harga cabai di Baturaja tembus Rp100.000/Kg
Baca juga: Musim kemarau pengaruhi harga cabai
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar