Harga cabai kian melambung

id Harga cabai, pasar manis, pasar tradisional

Harga cabai kian melambung

Harga cabai di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, makin melambung. (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Harga berbagai jenis cabai di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, makin melambung akibat minimnya pasokan seiring dengan datangnya puncak musim kemarau.

"Saat ini, harga cabai rawit merah maupun cabai rawit hijau mencapai kisaran Rp72.000-Rp73.000 per kilogram. Satu pekan lalu masih sebesar Rp60.000 per kilogram," kata salah seorang pedagang, Yuni di Pasar Manis, Purwokerto, Jumat.

Ia mengatakan harga cabai merah besar maupun cabai merah keriting saat sekarang sebesar Rp70.000 per kilogram setelah naik dari kisaran Rp60.000-Rp61.000 per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga tersebut terjadi karena minimnya pasokan dari petani di sentra penghasil tanaman hortikultura.

"Informasi yang kami terima, banyak tanaman cabai yang kekeringan karena saat sekarang sedang memasuki puncak musim kemarau," katanya.

Selain berbagai jenis cabai, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang merah maupun bawang putih.

Dalam hal ini, harga bawang merah naik dari Rp34.000 per kilogram menjadi Rp36.000 per kilogram, sedangkan harga bawang putih naik dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp37.000 per kilogram.

Pedagang lainnya, Sumi mengatakan kenaikan harga cabai tersebut berdampak pada penurunan daya beli konsumen.

"Ibu-ibu rumah tangga yang membeli cabai sebanyak 0,25 kilogram, saat sekarang paling cuma 1 ons. Saya pun mengurangi stok karena selain memang pasokannya berkurang, saya khawatir cabainya enggak laku," katanya.

Salah seorang ibu rumah tangga, Neni mengaku terpaksa mengurangi konsumsi cabai karena harganya terus melambung.

"Saya kurangi konsumsi cabainya, yang penting masakan masih terasa pedas. Semoga harga cabai, khususnya cabai rawit merah tidak makin melambung seperti tahun lalu yang sempat mencapai di atas Rp100.000 per kilogram," katanya. ***1***