Gerakan bareng penyuluh pertanian di OKI tanam ribuan bibit cabai untuk jaga stok

id sumsel,gerakan tanam cabe,gsmp ,pemkab oki

Gerakan bareng penyuluh pertanian di OKI tanam ribuan bibit cabai untuk jaga stok

Para penyuluh pertanian Kabupaten OKI, Sumatera Selatan, saat menanam cabai di Balai Penyuluhan Pertanian. ANTARA/HO-Pemkab OKI

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Para penyuluh pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, menanam ribuan bibit cabai secara serentak di seluruh Balai Penyuluhan Pertanian  provinsi tersebut guna menjaga ketersediaan komoditas yang menjadi salah satu penyumbang inflasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura OKI, Sumsel, Sahrul, dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Sumsel, Kamis, mengatakan sebanyak 500 bibit cabai ditanam oleh masing-masing Balai Penyuluhan Pertanian, yang berada di 18 kecamatan atau total 9.000 bibit ditanam dalam kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan kegiatan itu merupakan upaya memberi teladan kepada masyarakat serta untuk mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

"Gerakan penanaman cabai ini dilakukan di 18 Balai Penyuluh Pertanian yang ada di OKI dengan 500 bibit cabai ditanam untuk masing-masing balai. Mudah mudahan dapat menekan angka inflasi di OKI dan mendukung kegiatan GSMP," jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati OKI Asmar Wijaya berharap para petani dan masyarakat di OKI harus mandiri dalam hal penanaman cabai.

"Saya harap kegiatan ini agar dapat ditindaklanjuti kepada para petani dan juga masyarakat di OKI untuk tidak hanya membeli, tetapi harus menjadi produsen cabai, bisa digerakkan untuk tanam cabai di rumah masing-masing, sehingga kita harapkan produksi cabai meningkat dan ini tentu akan berdampak menekan inflasi sekaligus menjaga ketersediaan cabai di OKI," kata dia.