Kemenag OKU gandeng dinas kesehatan pantau kesehatan JCH

id Jamaah calon haji, JCH OKU, pemeriksaan kesehatan, Kemenag OKU

Kemenag OKU gandeng dinas kesehatan pantau kesehatan JCH

JCH OKU mengikuti Senam Haji Indonesia di Asrama Haji Palembang. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bagi jamaah calon haji (JCH) asal daerah itu menjelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekah tahun ini.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU, Abdul Muis di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya memastikan sebanyak 285 JCH asal daerah itu siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada musim haji Tahun 2024/1445 Hijriah.

Semua persiapan telah dilaksanakan oleh para jamaah seperti sudah melaksanakan manasik haji di dua zona beberapa waktu lalu sebagai salah satu rangkaian ibadah haji.

"Manasik haji sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Tinggal pemeriksaan kesehatan seluruh JCH," katanya.

Dia mengatakan, pemeriksaan kesehatan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten OKU tersebut dijadwalkan digelar pada 4 Mei 2024.

Pemeriksaan kesehatan tersebut akan dilakukan dalam beberapa tahap dimulai dari medical checkup (MCU) untuk mengidentifikasi penyakit fisik pada jamaah haji.

Jamaah haji juga akan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, pengukuran EKG, dan pengukuran kimia darah.

"MCU ini dilaksanakan guna mengevaluasi kesehatan para jamaah haji agar mengetahui kondisi saat ini, sehingga agar tidak bertambah berat penyakitnya saat puncak ibadah haji nanti," jelasnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga nantinya akan memilih dari JCH itu untuk ditunjuk menjadi ketua kloter masing-masing.

"Untuk OKU sendiri nantinya tergabung dalam Kloter 12 Embarkasi Palembang bersama jamaah dari Kabupaten Muaraenim yang akan diberangkatkan ke Saudi Arabia pada 27 Mei 2024," ujarnya.

Muis kembali mengimbau para jamaah agar selalu menjaga kesehatan sehingga saat akan berangkat haji nanti tidak terkendala dengan kesehatan masing-masing.