Dinas Kominfo-BPS buat aplikasi 'MubaSurvey'

id Dinas Kominfo, dislominfo mjba, BPS, aplikasi, aplikasi muba survey, muba survey

Dinas Kominfo-BPS buat  aplikasi 'MubaSurvey'

Pejabat Pemkab Muba dan jajarannya (ANTARA/HO/Dinas Kominfo Muba)

Palembang (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) membuat aplikasi 'Muba Survey'.

"Aplikasi tersebut dikembangkan sebagai bagian dari upaya digitalisasi dan peningkatan efisiensi pengumpulan data di wilayah perdesaan," kata Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan inovasi dan terobosan aplikasi berbasis android dan website 'Muba Survey' itu
adalah bagian dari inisiatif transformasi digital yang lebih luas di kabupaten ini.

Pemanfaatan aplikasi tersebut juga mencakup implementasi Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

"Aplikasi ini untuk mempermudah pendataan keluarga, potensi desa dan harga pasar yang bisa dilakukan secara tatap muka langsung (offline) dan daring (online) oleh operator desa serta telah terintegrasi dengan portal satu data," ujarnya.

Inisiatif ini merupakan bagian dari berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemkab Muba untuk mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

Perpres SDI merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan antarinstansi pusat dan instansi daerah.