Ogan Komering Ulu komitmen wujudkan kota cerdas

id Smart city, teknologi digital, potensi daerah, Pemkab OKU, Dinas Kominfo

Ogan Komering Ulu komitmen wujudkan kota cerdas

Penandatangan komitmen bersama mewujudkan kota cerdas, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan berkomitmen mewujudkan smart city atau kota cerdas sebagai bentuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di wilayah itu. Kepala Dinas Kominfo OKU Priyatno Darmadi di Baturaja, Kamis, mengatakan bahwa Kabupaten OKU terpilih menjadi salah satu kabupaten smart city di mana dalam pengaplikasiannya sudah berbasis teknologi digital.

"Pada era digital saat ini dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan kita untuk melakukan transformasi digital atau digitalisasi," katanya.

Smart City merupakan salah satu upaya untuk mendorong digitalisasi diberbagai sektor di kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten OKU.

Oleh sebab itu, kata dia, Pemkab OKU berkomitmen untuk mewujudkannya melalui penandatangan komitmen bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menuju kota cerdas.

"Komitmen bersama menuju OKU kota cerdas telah ditandatangani bersama dalam rangka implementasi gerakan menuju smart city," jelasnya.

Dengan Master Plan Smart City OKU, diharapkan akan menentukan arah pembangunan di wilayah itu sesuai dengan perkembangan teknologi, masyarakat dan lingkungan.

Demikian juga dengan kesiapan infrastruktur dan aplikasi-aplikasi yang diperlukan, literasi kepada masyarakat dan kerjasama stakeholder terkait diharapkan pula dapat berjalan sesuai harapan.

"Harapan kami dengan smart city ini akan lebih mempermudah pelayanan yang terintegrasi, lebih cepat dan mudah bagi masyarakat OKU," ujar dia.