Kemenkes: Jamaah haji waspadai MERS-CoV

id Kemenkes, MERS-CoV, WHO, haji 2024

Kemenkes: Jamaah haji waspadai MERS-CoV

Ilustrasi - Jamaah melakukannya tawaf mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengimbau jamaah calon haji untuk mewaspadai Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV), menyusul temuan tiga kasus terbaru hingga April 2024 di Arab Saudi.

"Upaya yang dilakukan adalah dengan mengimbau kepada jamaah agar selalu waspada terhadap berbagai penyakit, termasuk MERS-CoV dengan perilaku sehat dan menghindari sumber-sumber penularan," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Liliek Marhaendro Susilo dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Pada 8 Mei 2024, WHO melaporkan Disease Outbreak News atau wabah penyakit MERS CoV di Arab Saudi, sebagai respons atas temuan tiga kasus pada 10 dan 17 April 2024, satu di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Laporan WHO yang bersumber dari Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi (KSA) menyebut kasus itu dialami laki-laki dari Riyadh berusia antara 56-60 tahun dengan komorbid dan bukan petugas kesehatan.