Dokter: Kesadaran masyarakat lakukan cek genomik masih kurang

id genomik,rs telogorejo,layanan kesehatan,berita palembang, berita sumsel

Dokter: Kesadaran masyarakat lakukan cek genomik masih kurang

Direktur Utama RS Telogorejo Semarang dr.Alice Sutedjo Lisa (kiri) bersama perwakilan pimpinan Laboratorium Prodia saat penandatanganan kerja sama pusat pemeriksaan genomik di Semarang, Kamis. (ANTARA/I.C. Senjaya)

Semarang (ANTARA) - Direktur Utama RS Telogorejo Semarang Alice Sutedjo Lisa mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan genomik sebagai upaya memprediksi dan mencegah penyakit pada masa datang masih kurang.

"Kesadaran untuk melakukan pemeriksaan genomik masih belum banyak, karena memang kebiasaan untuk hidup sehat belum nyata," kata Alice usai penandatanganan kerja sama pembukaan Pusat Genomik RS Telogorejo Semarang di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Untuk mendorong kesadaran masyarakat melakukan pemeriksaan genomik, kata dia, maka penyediaan layanan harus disiapkan sejak saat ini.

Menurut dia, pemeriksaan genomik akan menjadi tren layanan kesehatan pada masa mendatang.

Pemeriksaan genomik, lanjut dia, merupakan salah satu prediktif dan preventif bagi masyarakat untuk mengetahui potensi penyakit pada masa yang akan datang serta upaya pengobatan yang harus dilakukan.