Dinkes OKU nyatakan enam warga positif kanker serviks di 2018

id dinas kesehatan,penyakit hiv aids,kanker serviks,penyebab kanker serviks,penyakit mematikan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara pal

Dinkes OKU nyatakan enam warga positif kanker serviks di 2018

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sepanjang 2018 mencatat  enam orang warganya terdeteksi positif mengidap penyakit kanker serviks atau lebih dikenal dengan kanker rahim.

"Pada tahun lalu tercatat enam wanita khususnya yang sudah menikah mengidap kanker serviks. Sedangkan untuk tahun ini belum ada," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto, didampingi Kasi Penyakit Tidak Menular, Hendra Afriyan di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, enam orang penderita kanker rahim itu diketahui setelah dilakukan pemeriksaan Infeksi Visual Asam asetan (IVA) atau deteksi dini kanker serviks di Puskesmas setempat.

"Hasil pemeriksaan tersebut, enam warga itu positif menderita kanker serviks dan sudah kami rujuk ke rumah sakit di Baturaja guna dilakukan penanganan lanjut," kata dia.

Penyakit kanker rahim ini dominan menyerang wanita, khususnya yang sudah menikah disebabkan masalah kebersihan tubuh manusia dan karena faktor sering berganti pasangan. "Oleh sebab itu perlu dideteksi untuk pencegahan secara dini agar dapat diobati. Karena, jika sudah stadium lanjut dapat menyebabkan kematian," katanya.

Saat ini pihaknya gencar mensosialisasikan kepada kaum wanita di wilayah setempat agar melakukan pemeriksaan IVA atau deteksi dini kanker serviks.

Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan di Puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan. "Pemeriksaantidak dipungut biaya alias gratis," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar