Tol Lubuklinggau-Bengkulu dukung pertumbuhan ekonomi daerah

id Jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau,pembangunan tol,ekonomi daerah,tol lubuklinggau,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, anta

Sejumlah pekerja beraktivitas di area proyek pembangunan Jalan Tol . ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.

Rejang Lebong (ANTARA) - Pembangunan jalan Tol Bengkulu - Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang akan melewati Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, dinilai akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah itu.

Kepala Bappeda Rejang Lebong, Asli Samin mengatakan masyarakat Rejang Lebong yang sebagian wilayahnya dilalui jalan tol tersebut harus mendukung pembangunannya sehingga bisa memudahkan pengangkutan barang dan orang ke daerah itu.

"Pemkab Rejang Lebong mengharapkan dukungan dari masyarakat sehingga program yang dilaksanakan pemerintah pusat ini nantinya bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu dan tidak terkecuali di Kabupaten Rejang Lebong," katanya di Rejang Lebong, Selasa,

Masuknya wilayah Kabupaten Rejang Lebong sebagai salah satu daerah yang akan dilewati oleh jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau tersebut kata dia, harus didukung karena nanti tanahnya terdampak mendapatkan ganti untung dari pemerintah dan mempercepat pembangunan di wilayah itu.

Perkembangan pembangunan jalan tol itu, kata dia, saat ini masih dalam proses ganti untung untuk pengerjaan sepanjang 17 kilometer di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, sedangkan untuk wilayah Kabupaten Rejang Lebong baru tahap sosialisasi ke sejumlah desa yang lahannya akan dibebaskan. Sejauh ini, dan tidak ada penolakan dari masyarakat yang lahannya akan terkena lokasi pembangunan jalan tol itu.

Sementara mengenai usulan permintaan akses pintu tol di Kabupaten Rejang Lebong, menurut dia, masih akan dirapatkan terlebih dahulu guna menentukan titiknya.

Dalam perencanaan pembangunan pintu tol ini, nantinya hanya akan ada di Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang, sehingga Rejang Lebong juga mengusulkan untuk dibuka akses pintu tol, sehingga bisa mempercepat akses ke jalan bebas hambatan itu, katanya.

Pembangunan jalan tol Lubuklinggau-Bengkulu ini nantinya akan melintasi lima kecamatan di Rejang Lebong yakni Kecamatan Sindang Dataran, Binduriang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir dan Kecamatan Padang Ulak Tanding.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar