Puluhan SMP di Kabupaten OKU terima dana DAK

id Puluhan SMP di OKU terima DAK,DAK SMP,DAK SMP di OKU,dana dak

Puluhan SMP di Kabupaten OKU terima dana DAK

Teddy Meilwansyah setelah menerima penghargaan (Dok/Humas Pemprov Sumsel)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Puluhan sekolah jenjang SMP di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat tahun anggaran 2019 sebesar Rp13,3 miliar guna menunjang sarana dan prasaran pendidikan di wilayah setempat.

"Jumlah SMP di OKU yang menerima DAK tahun ini ada sebanyak 28 sekolah terdiri atas 27 SMP Negeri dan 1 SMP swasta," kata Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU), Teddy Meilwansyah di Baturaja, Sabtu.

Dia mengingatkan kepada pihak sekolah yang menerima DAK tersebut agar menggunakan dana bantuan dari pemerintah ini sesaui aturan dan peruntukannya agar dapat dipertanggungjawabkan.

"Penggunaan DAK harus jelas agar tidak ada guru atau kepala sekolah di OKU ini yang dijerat hukum akibat menyalahgunakan dana bantuan tersebut," tegasnya.

Dia menjelaskan, penggunaan DAK ini antara lain untuk rehab ruang kelas belajar siswa, rehab laboratoriumoratorium IPA, rehab perpusatakaan, rehab ruang guru dan ruangan kantor sekolah.

Selanjutnya, DAK juga diperuntukan guna merehab jamban sekolah, pembangunan ruang kelas baru, pengadaan alat laboratorium, pengadaan laboratorium komputer dan alat peraga pendidikan lainnya.

"Termasuk pengadaan media pendidikan, pengadaan alat seni budaya dan pengadaan sarana seni budaya tradisional," jelasnya.

Dia mengemukakan, bantuan DAK sebesar Rp13,3 miliar tersebut akan dibagikan untuk 28 sekolah jenjang SMP di OKU yang disalurkan dalam tiga tahap meliputi tahap pertama ini baru akan direalisasikan sebesar 25 persen dari nilai anggaran.

"Kemudian tahap kedua sebesar 40 persen dan sisanya disalurkan ditahap ketiga tahun ini," ujarnya.

Dengan adanya bantuan DAK ini, lanjut dia, diharapkan agar para siswa lebih nyaman dalam belajar sekaligus dapat meningkatkan kualaitas pendidikan khususnya di Kabupaten OKU ini.

"Mudah-mudahan pendidikan di OKU ini kedepannya lebih maju dan berkualitas," ujarnya.