Penumpang pesawat di Bandara SMB II menurun drastis

id penumpang pesawat, penumpang sepi , bandara palembang, bandara smb

Penumpang pesawat di Bandara SMB II menurun drastis

Dokumen - Penumpang pesawat di terminal di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin malam (14/5). (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/18)

Palembang (ANTARA) - Jumlah pengguna jasa angkutan udara di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, mengalami penurunan drastis sebagai dampak tingginya harga tiket pesawat beberapa bulan terakhir.

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura (AP) II Palembang, Fachroji di Palembang, Rabu, mengatakan bahwa sebelum kenaikan harga tiket pesawat, jumlah penumpang mencapai 12.000 hingga 15.000 orang per hari.

Dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat yang cukup tinggi, jumlah pengguna jasa angkutan udara tersebut sekarang ini mengalami penurunan drastis hanya sekitar 7.000 orang per hari.

Selain jumlah penumpang turun drastis, pesawat yang beroperasi melayani penumpang dari Bandara SMB II Palembang ke Jakarta dan beberapa daerah lainnya juga berkurang sekitar 25 persen per hari.

Dampak berkurangnya pengguna jasa angkutan udara, mempengaruhi pendapatan perusahaan milik negara ini yang mengandalkan jasa pelayanan penumpang dan parkir pesawat.

Kondisi sepinya penumpang diharapkan bisa segera berubah ramai menghadapi musim mudik Lebaran  pada akhir Mei 2019 ini.

Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, jumlah penumpang pesawat mengalami peningkatan pada arus mudik sepekan menjelang hari besar keagamaan umat Muslim itu.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan penumpang pesawat di Bandara SMB II Palembang pada musim mudik Lebaran, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk mengoperasikan pesawat tambahan dan menyiapkan posko angkutan mudik, katanya.