Pelindo II Palembang antisipasi lonjakan penumpang

id Pelabuhan boom baru,Mudik,Lebaran,Arus mudik

General Manager PT Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Palembang Agus Edi Santoso. (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

....Ada juga fasilitas serta sarana pendukung seperti penyediaan ruang tunggu yang nyaman, ruang laktasi, ruang VIP, smoking room, mushala, dan ruang perawatan....
Palembang (ANTARA) - Pengelola Pelabuhan Boom Baru Palembang, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II Cabang Palembang, Sumatera Selatan, mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Boom Baru dengan menyiapkan berbagai fasilitas.

General Manager PT Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Palembang Agus Edi Santoso di Palembang, Rabu, mengatakan bahwa  perusahaan telah menyiapkan dermaga sepanjang 300 meter dengan didukung gedung terminal penumpang seluas 366 meter persegi dengan kapasitas hingga 400 orang.

Kemudian menyiapkan terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru yang melayani kapal penyebrangan Express Bahari dengan rute Palembang ke Muntok, Pulau Bangka, dan sebaliknya.

"Ada juga fasilitas serta sarana pendukung seperti penyediaan ruang tunggu yang nyaman, ruang laktasi, ruang VIP, smoking room, mushala, dan ruang perawatan," kata dia.

Agus menambahkan perusahaan juga menerapkan auto gate system dengan memanfaatkan teknologi tinggi.

Dengan demikian para pengantar penumpang tidak bisa masuk hingga ke ruang tunggu, melainkan hanya sampai batas pintu depan.

"Hanya penumpang yang memiliki tiket yang bisa masuk. Ini juga demi kenyamanan dan keamanan bagi penumpang itu sendiri," ujar dia.

Ia melanjutkan perusahaan juga membuka posko arus mudik dan arus balik di halaman Pelabuhan Boom Baru tersebut. Posko tersebut merupakan posko pelayanan pemudik, baik informasi ataupun kesehatan dan sebagainya.

Pelindo II bekerja sama dengan kepolisian, TNI, dinas kesehatan, dan lainnya untuk bersinergis memberikan pelayanan bagi masyarakat yang hendak mudik.

Ia menambah lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2019 ini diperkirakan lebih tinggi dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan penumpang rute Palembang – Muntok, Bangka tersebut diperkirakan sebagai imbas mahalnya tiket pesawat sehingga masyarakat beralih ke moda transportasi lain, termasuk kapal laut.

Menurut Agus, kepadatan arus penumpang menjelang lebaran diprediksi pihaknya akan terjadi H-7 Lebaran.

Berdasarkan data Pelindo II, jumlah penumpang di Pelabuhan Boom Baru sebanyak 62.000 orang sepanjang tahun lalu. Namun diprediksi tahun ini akan terjadi lonjakan.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar