Harga bawang merah di Baturaja tembus Rp50 ribu perkilogram

id Bawang merah, bawang, harga bawang naik, pedagang bawang, bawang naik

Harga bawang merah di Baturaja tembus Rp50 ribu perkilogram

Arsip - Pedagang bawang (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Baturaja (ANTARA) - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini tembus diangka Rp50.000 perkilogram (Kg) atau melonjak tajam dari sebelumnya yang hanya berkisar Rp20.000/Kg. 

"Harga bawang merah sekarang naik mencapai Rp30 ribu/Kg yaitu dari sebelumnya Rp20 ribu/Kg menjadi Rp50 ribu/Kg," kata salah seorang pedagang bawang di kawasan Pasar Baru, Ogan Komering Ulu (OKU), Yanto di Baturaja, Senin.

Selain bawang merah, kata dia, jenis bawang putih juga mengalami kenaikan harga cukup tinggi yaitu saat ini dipatok pedagang mencapai Rp40 ribu/Kg melonjak dibandingkan sebelumnya yang hanya kisaran Rp19 ribu/Kg.

"Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir yang berdampak pada daya beli masyarakat menjadi sedikit," kata Ida pedagang lainnya menambahkan.

Menurut dia, lonjakan harga tersebut disebabkan karena pasokan bawang merah dan putih yang dipasok petani dari Pulau Jawa saat ini berkurang sehingga pedagang terpaksa menaikkan harga agar tidak merugi.

"Modal yang kami keluarkan untuk membeli bawang dari petani sekarang mahal sehingga harga jualnya kami naikkan agar tidak rugi," jelasnya.

Sementara Nyonya Asna (47) warga Baturaja secara terpisah terkait kenaikan harga tersebut mengaku terpaksa harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli bawang merah dan putih guna keperluan dapur.

"Tetap dibeli meskipun harganya mahal karena tanpa menggunakan bawang masakan yang dimasak kurang sedap. Paling sekarang ini saya mengurangi jumlah yang dibeli saja," ujarnya.