Babinsa Musirawas bantu petani basmi hama padi

id Babinsa,Bintara Pembina Desa,Kodim/0406 Musirawas, Sumatera Selatan,Mayor Inf Aris Barunawan,pembasmian hama tanaman padi,petani padi,aplikasi Metariz

Babinsa Musirawas bantu petani basmi hama padi

ARsip- Petani nyemprot tanaman padi untuk mencegah hama. (Ist)

Musirawas, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Bintara Pembina Desa Kodim/0406 Musirawas, Sumatera Selatan, membantu petani membasmi hama wereng padi di Desa Tugomulyo.

Bantuan pemberantasan hama padi itu agar hasil panen dapat maksimal, kata Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Kamis.

"Perawatan tanaman padi ini harus dilakukan secara maksimal demi pencapaian hasil panen yang optimal," katanya.

Untuk mengoptimalkan capaian panen, Babinsa Koramil 406-06/Tugumulyo Kodim 0406/Musirawas Serda Yasin melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani melakukan kegiatan pembasmian hama tanaman padi dengan aplikasi Metarizep.

Selain itu penanaman pohon Refugia sebagai anti hama Wereng Batang Coklat (WBC) di Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Tugumulyo bersama petani melaksanakan penyemprotan tanaman padi dengan aplikasi Metarizep dan penanaman pohon Refugia di pinggiran pematang sawah, yang dihadiri Kepala Baperlintan dan Kepala POPHT-PHP Distan Kabupaten Musirawas serta PPL dan Poktan Rahayu Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo.

Metarizep adalah bio-insektisida yang mengandung Metarizhium sp. dan Beuvaria bassiana, merupakan jamur yang efektif digunakan sebagai pengendali hayati hama wereng. Penggunaan Metarizep tidak menimbulkan resistensi terhadap hama sasaran serta aplikasi dapat dicampurkan dengan insektisida kimia.

Sedangkan tanaman Refugia adalah jenis tanaman yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami tanaman utama. Refugia berfungsi sebagai mikrohabitat yang mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh. Sehingga tanaman Refugia ini efektif untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi.

Sementara Babinsa Serda Yasin mengatakan salah satu tujuan penyemprotan dengan aplikasi Metarizep dan penanaman pohon Refugia, untuk membasmi hama penyakit tanaman padi khususnya hama Wereng Batang Coklat sehingga hasil produksi nantinya dapat maksimal.

"Untuk mewujudkan program peningkatan produksi pangan di Wilayah Kecamatan Tugumulyo Musirawas TNI siap mendampingi petani. Seperti serangan hama wereng, para Babinsa cepat lapor dan melakukan koordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," katanya.

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan semua dapat tercapai sesuai dengan rencana, katanya.