Dengar air naik warga Merak Belantung mengungsi

id Merak Belantung,pengungsi,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini,wilayah Gayam,Dusun Merak Belantung, Kecamatan

Dengar air naik warga Merak Belantung mengungsi

Arsip Foto. Gelombang tinggi menghempas pantai. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kalianda, Lampung (ANTARA News Sumsel) - Sebagian masyarakat di Dusun Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengungsi ke dataran tinggi pegunungan setempat, karena mendengar kabar bahwa air laut naik.

"Saya dengar kabar dari anak dan famili saya di wilayah Gayam bahwa di Kalianda airnya naik. Makanya mereka langsung mengungsi ke dataran tinggi (gunung)," kata salah satu warga, Khodijah menjelaskan di Lampung Selatan, Rabu.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat di sepanjang Jalan Pariwisata, Dusun Merak Belantung warga berlalu lalang sedikit demi sedikit bolak-balik mengantar dan menjemput anak istrinya hingga barang-barang yang bisa dibawanya menggunakan sepeda motor.

Dalam kondisi tersebut, Khodijah bersama anaknya juga bergegas ingin menyusul warga lainnya untuk mengungsi ke dataran tinggi. Meskipun dalam kondisi jauh dari perairan laut Merak Belantung, namun dirinya tidak mau mengambil resiko.

"Saya juga mau ngungsi mas, biasanya warga di sini ngungsi di gunung sekitar satu jam dari lokasi pemukiman," kata dia.

Sejumlah rumah yang berada di sepanjang Jalan Pariwisata, Desa Merak Belantung terlihat sepi dan pintu dalam keadaan tertutup. Sama sekali tidak terlihat aktivitas di lokasi maupun terlihat anak-anak yang bermain di halaman rumah.

Di lolasi terlihat juga warung nasi maupun warung kelontongan yang berada di depan rumah dalam keadaan tertutup.