Harga telur ayam naik menjadi Rp26 ribu/kg

id telur ayam,harga telur ayam,kenaikan harga telur,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Harga telur ayam naik menjadi Rp26 ribu/kg

Telur ayam (ANTARA FOTO)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini melonjak mencapai Rp26ribu/Kg menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Telur ayam saat ini harganya mencapai Rp26 ribu/kilogram (Kg) atau melonjak dibandingkan sebelumnya hanya kisaran Rp20 ribu/Kg," kata salah seorang pedagang sembako di kawasan Pasar Atas, Ogan Komering Ulu, Susi di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan, mendekati Hari Raya Natal pada 25 Desember 2018, harga telur ayam ditingkat pedagang wilayah setempat mengalami kenaikan secara bertahap dan diprediksi akan terus melonjak hingga sepekan menjelang natal dengan harga mencapai Rp28 ribu per kilogram (Kg).

"Sepekan menjelang natal harga telur ayam diprediksi mencapai angka Rp28 ribu/Kg," katanya.

Dia mengemukakan, sejak dua pekan terakhir harga telur ayam mengalami kenaikan secara bertahap dari sebelumnya hanya dipatok pedagang kisaran Rp20 ribu/Kg berangsur naik menjadi Rp24 ribu/Kg.

"Untuk hari ini harganya naik lagi menjadi Rp26 ribu/Kg," ungkapnya.

Menurut dia, lonjakan harga ini dipicu akibat persediaan telur yang dipasok dari daerah Prabumulih dan Kota Palembang tersebut saat ini menipis sehingga pedagang terpaksa menyesuaikan harganya agar tidak merugi.

Dampak dari kenaikan harga tersebut, kata dia, omset penjualan telur menurun drastis hanya sekitar 5-7 Kg telur ayam yang laku terjual setiap harinya karena pembeli hanya membeli telur dalam jumlah sedikit.

"Mungkin pembeli takut membeli dalam jumlah banyak karena harganya mahal. Padahal sebelumnya untuk ukuran satu peti atau 15 Kg telur bisa habis terjual dalam waktu satu hari," kata dia. Sementara itu, menurut Fitri Yanti warga Baturaja secara terpisah mengaku terpaksa membeli telur ayam untuk dikonsumsi meskipun harganya saat ini melonjak mencapai Rp26 ribu/Kg.

"Karena anak saya suka makan telur ayam. Biasanya saya membeli sebanyak 1Kg, namun sejak harganya mahal hanya setengahnya saja yang dibeli," ujarnya