Gubernur se-Sumatera bahas percepatan jalan tol

id infrastruktur,jalan tol Sumatera,tol sumatera,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Gubernur se-Sumatera bahas percepatan jalan tol

Foto udara simpang susun jalan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur se-Sumatera membahas percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol Sumatera guna memperlancar arus transportasi antarprovinsi.

Jalan tol menjadi bahasan dalam rakor yang dihadiri 10 gubernur se-Sumatera di Padang, kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya di Palembang, Jumat.

Untuk di wilayah Sumsel pihaknya mengutamakan pembangunan jalan tol Palembang-Bengkulu, ujar Wagub.

Ia mengatakan, bahkan pembangunan tol akan dimasukan ke dalam program RPJMD 2019.

Selain itu pembangunan tol Palembang-Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumsel yang juga menjadi usulan pada pemerintah pusat.

Memang, lanjut dia, untuk Sumsel sendiri saat telah ada tol Palembang-Indralaya, Ogan Ilir.

Namun, dalam upaya memperlancar jalur transportasi antarprovinsi itu pihaknya juga mengusulkan pada pemerintah pusat kereta trans Sumatera, ujar dia.

Kelancaran transportasi antarprovinsi itu cukup penting mengingat hasil sumber daya alam yang ada cukup besar sehingga cepat dikirim, kata dia.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, untuk mendukung kemajuan di wilayah Sumatera sebagai satu pulau, dibutuhkan konektivitas berupa jalan tol Sumatera.

Selain itu juga tol laut Sumatera, serta bandara, dan benang merah yang menghubungkannya adalah pariwisata.

Dalam rakor gubernur se-wilayah Sumatera itu juga dilaksanakan penandatangan kerja sama daerah antara gubernur se-wilayah Sumatera.