Pemprov Sumsel imbau waspadai penyakit musim hujan

id hujan,penyakit,dinas kesehatan sumsel,antara sumsel,antara palembang,berita sumsel,berita palembang,demam berdarah dengue,dbd

Hindari Hujan Sejumlah pengendara motor tengah berteduh. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di provinsi setempat mewaspadai ancaman penyakit yang biasa muncul pada setiap musim hujan.

"Setiap musim hujan biasanya muncul beberapa penyakit terutama demam berdarah dengue, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya memasuki musim hujan 2018 perlu dilakukan berbagai tindakan pencegahan dengan meningkatkan kewaspadaan masyarakat," kata Sekda? Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terus digalakan sosialisasi mengenai bahaya penyakit demam berdarah dengue (DBD) serta cara melakukan berbagai tindakan pencegahan dan mengatasi serangan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti.

Tindakan pencegahan mewabahnya penyakit DBD pada musim hujan sekarang ini seperti melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, pemberantasan sarang nyamuk dengan mengubur barang yang bisa menampung air hujan, menutup tempat penampungan air bersih, dan menaburkan bubuk abate/pembasmi jentik nyamuk di tempat penampungan air bersih.

Selain tindakan pencegahan itu, jika ada keluarga yang menderita penyakit DBD untuk segera membawanya ke rumah sakit terdekat karena bila terlambat mendapatkan pengobatan penderitanya bisa meninggal dunia, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah membuat surat edaran kepada pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu terkait dengan kewaspadaan masyarakat terhadap serangan penyakit DBD dan penyakit lainnya yang berpotensi terjadinya pada musim hujan..

Melalui berbagai upaya pencegahan dan penanganan penyakit yang biasa muncul pada setiap musim hujan itu, diharapkan dapat memberikan perlindungan di bidang kesehatan secara maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat, katanya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar