Pemkab Musi Banyuasin kembangkan posbindu di permukiman

id puskesmas,Pos Pembinaan Terpadu penyakit tidak menular,musi banyuasin,berita sumsel,berita palembang,Pos Pembinaan Terpadu penyakit,Posbindu,bersifat

Pemkab Musi Banyuasin kembangkan posbindu di permukiman

Arsip- Dokter melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang pasien . (ANTARA)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya mengembangkan Pos Pembinaan Terpadu penyakit tidak menular di kawasan permukiman penduduk.

Pengembangan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan perlindungan masyarakat dari penyakit tidak menular, kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Senin.

Menurut dia, untuk mengembangkan Posbindu tersebut, pihaknya mendorong Dinas Kesehatan melibatkan Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Perawat yang ada di kabupaten setempat.

Pengembangan Posbindu penyakit tidak menular merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan preventif.

Upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif yakni pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.

Sedangkan yang berbasis preventif yakni pelayanan kesehatan yang mengutamakan kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah penyakit atau kesehatan masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, kehadiran Posbindu di kawasan permukiman penduduk diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal memeriksakan kesehatan secara rutin dan periodik.

Melalui unit pelayanan kesehatan itu diharapkan dapat memantau faktor risiko penyakit tidak menular dan mengetahui sejak dini kondisi kesehatan masyarakat secara umum, kata Sekda.